Endometriosis

Ketika Julianne Hough berjemur di atas panggung di ABC “Dancing with the Stars,” Anda tidak akan pernah tahu bahwa ia hidup dengan rasa sakit kronis yang melumpuhkan. Tetapi dia melakukannya.

Pada tahun 2008, penari dan aktris yang dinominasikan Emmy dilarikan ke rumah sakit dengan rasa sakit yang parah dan diberikan operasi darurat. Melalui cobaan itu, terungkap bahwa ia menderita endometriosis - diagnosis yang mengakhiri tahun-tahun penuh tanya dan kebingungan tentang apa yang menyebabkan sakit kronisnya.

Endometriosis mempengaruhi sekitar 5 juta wanita di Amerika Serikat saja. Dapat menyebabkan sakit perut dan punggung, kram yang parah selama menstruasi, dan bahkan infertilitas. Tetapi banyak wanita yang memilikinya tidak mengetahuinya atau mengalami kesulitan untuk mendiagnosisnya - yang memengaruhi perawatan apa yang dapat mereka terima.

Itulah sebabnya Hough telah bekerja sama dengan kampanye Get in the Know About ME di EndoMEtriosis untuk meningkatkan kesadaran dan membantu perempuan mendapatkan perlakuan yang mereka butuhkan.

Kami bertemu dengan Hough untuk mengetahui lebih banyak tentang perjalanannya, dan bagaimana dia memberdayakan dirinya untuk mengendalikan endometriosisnya.
Q & A dengan Julianne Hough
Anda memiliki endometriosis, yang Anda publikasikan pada tahun 2008. Apa yang membuat Anda terbuka tentang diagnosis Anda?

Saya pikir bagi saya itu adalah bahwa saya merasa itu bukan hal yang baik untuk dibicarakan. Saya seorang wanita, jadi saya harus kuat, tidak mengeluh, dan hal-hal seperti itu. Kemudian saya menyadari, semakin saya berbicara tentang hal itu, semakin banyak teman dan keluarga saya mengetahui bahwa mereka memiliki endometriosis. Saya menyadari ini adalah kesempatan bagi saya untuk menggunakan suara saya untuk orang lain, dan bukan hanya diri saya sendiri.

Jadi, ketika Dapatkan di Tahu Tentang ME dan Endometriosis muncul, saya merasa seperti saya harus terlibat dalam ini, karena saya adalah "ME." Anda tidak harus hidup melalui rasa sakit yang melemahkan dan merasa seperti Anda benar-benar sendirian. Ada orang lain di luar sana. Ini tentang memulai percakapan sehingga orang-orang didengar dan dipahami.
Apa aspek yang paling menantang dalam mendengar diagnosis?

Anehnya, itu hanya menemukan dokter yang benar-benar bisa mendiagnosis saya. Untuk waktu yang lama, saya harus mencari tahu apa yang sedang terjadi [saya] karena saya tidak begitu yakin. Jadi itu hanya waktu yang mungkin perlu diketahui. Itu hampir melegakan, karena kemudian saya merasa seperti saya bisa memberi nama untuk rasa sakit dan itu tidak seperti kram normal sehari-hari. Itu sesuatu yang lebih.
Apakah Anda merasa seperti ada sumber daya untuk Anda setelah Anda didiagnosis, atau apakah Anda agak bingung tentang apa itu, atau seperti apa seharusnya?

Oh, tentu saja. Selama bertahun-tahun saya seperti, "Apa lagi, dan mengapa itu sakit?" Hal yang hebat adalah situs web dan bisa pergi ke sana adalah itu seperti daftar hal-hal. Anda dapat melihat apakah Anda memiliki beberapa gejala dan dididik tentang pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter Anda pada akhirnya.

Sudah hampir 10 tahun sejak itu terjadi untuk saya. Jadi, jika saya dapat melakukan apa saja untuk membantu gadis muda lainnya dan wanita muda mengetahui hal itu, merasa aman, dan merasa seperti mereka berada di tempat yang tepat untuk menemukan informasi, itu luar biasa.
Selama bertahun-tahun, apa bentuk dukungan emosional yang paling bermanfaat bagi Anda? Apa yang membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari Anda?

Ya ampun. Tanpa suami saya, teman-teman saya, dan keluarga saya, yang semuanya jelas tahu, saya hanya akan ... Saya akan diam. Saya hanya akan menjalani hari saya dan mencoba untuk tidak membuat masalah besar. Tetapi saya pikir karena sekarang saya merasa nyaman dan terbuka, dan mereka tahu tentang segala hal, mereka dapat segera mengetahui kapan saya mengalami salah satu episode saya. Atau, saya hanya memberi tahu mereka.

Di hari yang lain, misalnya, kami berada di pantai, dan saya tidak dalam kondisi terbaik. Saya sakit sekali, dan itu bisa disalahartikan, “Oh, dia sedang bad mood,” atau sesuatu seperti itu. Tetapi kemudian, karena mereka tahu, itu seperti, “Oh, tentu saja. Dia sedang tidak enak badan sekarang. Saya tidak akan membuatnya merasa buruk tentang itu. "
Apa saran Anda kepada orang lain yang hidup dengan endometriosis, serta orang-orang yang mendukung mereka yang menderita?

Saya pikir pada akhirnya, orang hanya ingin dipahami dan merasa seperti mereka dapat berbicara secara terbuka dan aman. Jika Anda adalah seseorang yang mengenal seseorang yang memilikinya, tetaplah di sana untuk mendukung dan memahami mereka sebaik mungkin. Dan, tentu saja, jika Anda adalah orang yang memilikinya, jadilah vokal tentang hal itu dan biarkan orang lain tahu bahwa mereka tidak sendirian.
Sebagai seorang penari, Anda menjalani gaya hidup yang sangat aktif dan sehat. Apakah Anda merasa bahwa aktivitas fisik konstan ini membantu endometriosis Anda?

Saya tidak tahu apakah ada korelasi medis langsung, tetapi saya merasa ada. Menjadi aktif untuk saya, secara umum, baik untuk kesehatan mental saya, kesehatan fisik saya, kesehatan rohani saya, segalanya.

Saya tahu untuk saya - hanya diagnosis saya sendiri tentang kepala saya sendiri - saya berpikir, ya, ada aliran darah. Ada yang melepaskan racun, dan hal-hal seperti itu. Menjadi aktif untuk saya berarti Anda menghasilkan panas. Saya tahu bahwa memiliki panas yang diterapkan ke area itu jelas terasa lebih baik.

Menjadi aktif adalah bagian terbesar dalam hidupku. Bukan hanya bagian dari hariku, tetapi bagian dari hidupku. Saya harus aktif. Kalau tidak, saya tidak merasa bebas. Saya merasa dibatasi.
Anda juga menyebutkan kesehatan mental. Apa ritual gaya hidup atau praktik kesehatan mental yang membantu Anda saat menangani endometriosis Anda?

Secara umum untuk keadaan pikiran sehari-hari saya, saya mencoba untuk bangun dan memikirkan hal-hal yang saya syukuri. Biasanya itu adalah sesuatu yang ada dalam hidup saya. Mungkin sesuatu yang ingin saya capai dalam waktu dekat yang akan saya syukuri.

Saya orang yang bisa memilih keadaan pikiran saya. Anda tidak dapat selalu mengontrol keadaan yang terjadi pada Anda, tetapi Anda dapat memilih cara Anda mengatasinya. Itu adalah bagian besar dari permulaan hari saya. Saya memilih jenis hari yang akan saya miliki. Dan itu berubah dari, “Oh, saya terlalu lelah untuk berolahraga,” atau “Anda tahu apa? Ya, saya butuh istirahat. Saya tidak akan bekerja hari ini. ”Tetapi saya harus memilih, dan kemudian saya memberi makna untuk itu.

Saya pikir itu lebih hanya benar-benar menyadari apa yang Anda butuhkan dan apa yang dibutuhkan tubuh Anda, dan membiarkan diri Anda memilikinya. Dan kemudian, sepanjang hari dan sepanjang hidup Anda, hanya mengenali itu dan hanya menjadi sadar diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar